Selasa, 20 Juni 2017

Manfaat Udang


Berbagai penelitian memang menunjukan, jika udang dan Titan Gel  mengandung banyak kolesterol jahat atau LDL yang akan dapat mengganggu kesehatan. Eitsss, tapi jangan salah ya. Selain ada LDL nya, ternyata udang juga memilki HDL yang tinggi lho.
HDL itu adalah kolesterol baik. Jadi, di sini si kolesterol jahat akan diimbangi oleh jumlah kolesterol baik yang tinggi pula. Jadi jangan takut. Dan juga, sebenarnya kita bisa mensiasati kolesterol jahat ini agar jumlahnya dapat berkurang. Ada beberapa trik dan tips memasak agar dapat mengurangi konsentrasi LDL di dalam udang yang akan dijelaskan di dalam artikel ini. Tapi sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu mengenai manfaat-manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumsi udang.



    Protein untuk membentuk sel tubuh

Protein merupakan komponen yang diperlukan untuk membentuk sel tubuh. Selain itu  juga  untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimiawi tubuh lainnya. Protein tidak disimpan tubuh, sehingga asupan protein sangat penting setiap hari.

Jumlah protein yang dibutuhkan berbeda-beda. Untuk remaja pria dan pria dewasa yang aktif, umumnya dibutuhkan sajian protein hampir  200 gram sehari dibagi tiga sajian. Sementara itu, remaja wanita, wanita aktif dan kebanyakan pria butuh dua kali sajian per hari, total berjumlah 170 gram. Sedangkan anak-anak, kebanyakan wanita dewasa dan umumnya lansia hanya memerlukan dua kali sajian protein per hari sebanyak 140 gram.

    Kalsium untuk tulang, gigi dan kinerja tubuh lain

Kalsium disebut sangat penting untuk tulang dan gigi, namun sebenarnya fungsi kalsium masih banyak lagi. Kalsium akan memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf, dan kemampuan pembekuan darah. Beberapa penelitian juga menyebutkan manfaat kalsium dalam membantu mengatasi kondisi tekanan darah tinggi
Meski tulang tampak keras, namun sebenarnya tulang termasuk jaringan hidup yang senantiasa berganti. Tulang yang baru akan dibentuk untuk menggantikan tulang yang sebelumnya. Asupan kalsium yang dibutuhkan setiap hari yaitu sekitar 1000-1300 miligram untuk memenuhi kebutuhan tubuh usia 9 tahun ke atas, kecuali remaja wanita usia 9 hingga 18 tahun perlu sekitar 814 miligram sehari. Kekurangan asupan tersebut dapat membuat tubuh mengambil cadangan kalsium, namun dapat menimbulkan efek tulang yang lebih rapuh dan lemah.

Mencegah kanker:
Setiap 85 gram udang kukus dapat mencukupi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat.
Para peneliti di Institute of Food Research (IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 13 kali lipat. Makanan yang kaya akan suforaphane antara lain adalah brokoli, kubis, dan sayuran hasil silangan lainnya. Di samping mencegah kanker, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

. Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku:
Sampo dan lotion yang paling mahal sekalipun tak akan berguna bagi rambut dan kulit Anda tanpa asupan protein yang cukup. Protein merupakan bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup dan udang adalah sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut. Kadar kalorinya pun cukup rendah sehingga sangat cocok dengan diet yang Anda jalankan.

. Meningkatkan energi:
Kelelahan dan merasa lemas? Gejala tersebut merupakan indikasi kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Udang sangat kaya kandungan zat besinya. Dengan mengonsumsi hasil laut tersebut , maka asupan zat besi, yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi. Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih karena kalori yang dikandungnya tidak tinggi.

. Menguatkan tulang:
Hewan yang termasuk dalam kelas Crustacea ini memiliki kandungan fosfor dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor adalah dua zat yang akan bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat. Dalam mengonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung "glucosamine" yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran.


    Yodium untuk mendukung produksi hormon

Yodium merupakan salah satu elemen kimiawi yang dibutuhkan tubuh, namun harus diperoleh dari asupan makanan. Meski sedikit, namun peran yodium sangat penting, terutama untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon. Kekurangan yodium dapat memicu penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun, dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Sumber utama yodium kini banyak diperoleh dari garam. Selain itu, rumput laut dan manfaat udang dapat dikonsumsi untuk memperoleh asupan yodium.

    Asam lemak omega-3 untuk menekan risiko sakit jantung

Secara umum, kadar asam lemak omega-3 pada udang yang tinggi itu menguntungkan, karena diperkirakan dapat membantu menurunkan risiko sakit jantung dengan cara menekan kadar trigliserida. Selain itu, asam lemak ini juga berpotensi mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma, serta mendukung perkembangan bayi.

Meski demikian, kandungan kolesterol dalam udang tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 250 miligram tiap 100 gram udang
 Membantu memroses lemak:
Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang dapat membantu pemrosesan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

. Mengurangi resiko depresi:
Sama seperti ikan, udang juga mengandung asam lemak esensial, omega-3. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan mood untuk mereka yang tengah menderita gangguan tersebut. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.

. Menyehatkan saluran prostat:
Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni 10-15 mg setiap harinya. Dengan memakan udang, kebutuhan tubuh akan zat tersebut akan terpenuhi. Dan, dengan terpenuhinya zinc dalam tubuh kita, maka pertumbuhan sel kanker prostat akan diperlambat.

. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid:
Udang dapat berkontribusi pada kesehatan kelenjar tiroid dengan kandungan tembaga yang dimilikinya. Tiroid yang sehat dapat meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI